Cara Berbakti Kepada Ibu yang Sudah Meninggal Dunia

Cara Berbakti Kepada Ibu yang Sudah Meninggal Dunia

Cara berbakti kepada ibu yang sudah meninggal penting untuk kita pahami sebagai anak. Sebab, memuliakan orang tua tidak hanya ketika mereka hidup saja, tetapi juga sampai saat sudah meninggal. 

Apalagi jika itu adalah ibu yang meninggal dunia dimana kedudukannya sangatlah mulia di dalam agama Islam. Oleh karena itu, kita sebagai anak wajib senantiasa memuliakannya dan tetap berbakti meski sudah tutup usia. 

Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua 

Berbakti kepada orang tua adalah amalan yang sangat penting dan utama bagi umat Islam. Hal ini bisa kita lihat dalam hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini:

Dari sahabat Abu Abdirrahman Abdullah bin Mas’ud RA dia berkata: 

سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ : اَلصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ : قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ : بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قَالَ : قُلْتُ : ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ : اَلْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

Artinya: 

“Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah” [Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9]

Cara Berbakti Kepada Ibu yang Sudah Meninggal 

Berbakti kepada orang tua juga tidak hanya terbatas ketika masih hidup saja, melainkan sampai mereka meninggal. Cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal pun sangat beragam seperti:

  1. Senantiasa mendoakan serta memohon ampunan untuk orangtua.
  2. Melunasi orangtua, menunaikan nazarnya, serta menjalankan wasiatnya apabila ada. 
  3. Menghajikan orang tua (syarat anak harus haji lebih dulu).
  4. Tetap menyambung silaturahmi dengan para rekan serta kerabat orangtua.
  5. Senantiasa meneruskan kebaikan-kebaikan yang sudah rutin orangtua jalankan. 
  6. Bersedekah atas nama orang tua termasuk wakaf dan amal jariyah lainnya. 

Untuk cara terakhir bisa kita lakukan untuk kedua orang tua atau hanya untuk ibu ketika beliau sudah meninggal. Sedekah atas nama orang tua yang sudah meninggal akan membuat pahalanya mengalir untuk mereka. 

Dengan begitu, orangtua (ayah atau ibu) bisa senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. 

Itulah cara berbakti kepada ibu yang sudah meninggal yang bisa kita lakukan. Setelah memahami hal ini, diharapkan kita bisa senantiasa menjadi anak yang memuliakan orang tua sampai akhir hayat mereka.

Mudah sampaikan pahala sedekah untuk ibu dengan bersedekah melalui Digital BSI Maslahat. Klik sekarang.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun