Contoh Berbuat Baik kepada Orang Tua, Simak Yuk!

Islam mengajarkan kita, sebagai seorang anak, tentang berbakti kepada orangtua. Terkadang kita bertanya-tanya apa saja contoh berbuat baik kepada orang tua. Kewajiban ini masih berlaku saat kita sudah beranjak dewasa dan sudah berkeluarga.

Sayangnya, masih ada saja orang yang sudah dewasa dan sudah berkeluarga lupa untuk berbakti kepada orangtua. Padahal ini menjadi kewajiban bagi umat muslim untuk selalu taat pada orangtua, bukan menjadi durhaka.

Firman Allah Berbuat Baik pada Orang Tua

Allah SWT sudah memberi perintah melalui ayat Al-Qur’an bahwa kita wajib berbuat baik pada kedua orang tua atau lebih tepat sebagai birrul walidain. Pasalnya, berbakti kepada orang tua itu menjadi bagian dari etika Islam yang sangat wajib.

Tentu saja, berbakti kepada orangtua bukanlah hanya untuk mematuhi norma dan etika yang berlaku. Karena perbuatan ini menjadi kewajiban bagi umat muslim, cara inilah menjadi agar kita taat pada perintah Allah SWT seperti yang tersurat pada ayat berikut:

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya

“Dan beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat, tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” (Q.S. An-Nisa: 36).

Contoh Berbuat Baik kepada Orang Tua

Setelah memahami ayat tersebut, kita jadi mengetahui bahwa Allah SWT tidak menyukai umatnya yang durhaka pada orang tua. Pada dasarnya, perilaku durhaka sama saja dengan sombong dan membanggakan diri.

Tentu kita harus berbuat baik pada orang tua. Tetapi, banyak dari kita yang masih kebingungan apa saja yang menjadi contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua.

Sebenarnya, contoh perbuatan baik pada orang tua cukup sederhana dan tidak merepotkan. Berikut adalah contoh perbuatan baik pada orang tua yang dapat kita terapkan.

  1. Mematuhi perintah orang tua
  2. Merawat orang tua
  3. Tidak menyakiti orang tua saat berkomunikasi
  4. Berakhlak mulia di hadapan kedua orang tua
  5. Menghormati pilihan orang tua

Sebenarnya masih ada banyak contoh berbuat baik kepada orang tua. Tetapi, kita tentu sudah tahu bahwa tidak berbakti pada orang tua merupakan perbuatan yang durhaka. Semoga kita tetap bisa berbakti pada orang tua selagi masih ada di dunia.

Alhamdulillah setelah tahu contoh berbuat baik kepada orang tua, mari kita sempurnakan dengan bersedekah atas nama orang tua. Yuk niatkan Sedekah Quran untuk Orang Tua melalui Digital BSI Maslahat.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun