3 Doa Kebaikan Orang Tua yang Sebaiknya Kita Panjatkan

cara berbakti kepada orang tua

Doa kebaikan orang tua sebaiknya kita panjatkan baik saat sesudah sholat maupun waktu lainnya. Selain itu, doa untuk orang tua merupakan salah satu amalan yang tidak akan terputus.

Sekalipun nantinya orang tua kita sudah tiada, jika terus mendoakannya maka pahala yang mengalir tidak pernah berhenti. Jangan pernah bosan untuk selalu mendoakan kedua orang tua kita.

Doa Kebaikan Orang Tua

Sebagai seorang anak, ada beberapa doa yang bisa kita panjatkan untuk mereka berdua sebagai rasa bakti kita. Adapun doa-doa tersebut yaitu:

1. Doa untuk Orang Tua

Doa satu ini sudah sering kita dengar dan sewaktu sekolah pasti pernah diajarkan oleh guru hingga ustadz. Bunyinya sebagai berikut:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfirli, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya: 

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

2. Doa untuk Orang Tua Sakit

Jika orang tua saat ini sedang sakit, maka kamu bisa berdoa kepada Tuhan dengan memanjatkan lafal berikut ini:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: 

“Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

Selain doa tersebut, kamu juga bisa membaca doa berikut ini saat orang tua sedang sakit:

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.

Artinya: 

“Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”

3. Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Untuk orang tua kita yang sudah tiada lagi di dunia ini, berikut ini doa kebaikan yang bisa kita panjatkan:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ.

Allahummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘afihim, wa’fu ‘anhum. Allahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa’ata ‘ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu Muhammadun rasulullah.

Artinya: 

“Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.”

Jadi, itulah beberapa doa kebaikan orang tua dari anak. Selain berdoa, bentuk lain dari bakti kita kepada mereka adalah dengan melakukan sedekah atas nama orang tua. Yuk sedekah sekarang melalui Digital BSI Maslahat.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun