Cara Memperbaiki Hubungan Anak dan Orang Tua dalam Islam

Manfaat berbakti kepada orang tua

Meskipun anak diwajibkan untuk selalu berbakti pada orang tua, nyatanya hubungan keduanya tidak selalu berjalan dengan baik dan lancar. Dalam hal ini, cara memperbaiki hubungan anak dan orang tua harus selalu diupayakan.

Penyebab terjadinya perselisihan antara anak dan orang tua bisa karena banyak hal. Karena itu, Lantas, bagaimana cara Islam menengahi adanya permasalahan ini? Berikut adalah ulasan terkait masalah anak dan orang tua di dalam Islam.

Cara Memperbaiki Hubungan Anak dan Orang Tua

Seperti yang banyak terjadi, terkadang kita mendapati satu keluarga yang mengalami perselisihan antara anak dan orang tuanya. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

1. Membagun Komunikasi yang Baik

Cara memperbaiki hubungan dengan orang tua yang pertama adalah dengan memperbaiki pola komunikasi di antara keduanya. Banyak konflik terjadi hanya karena kurang lancarnya komunikasi yang terjalin.

Adanya kesalahpahaman atau kata-kata yang menyakiti hati bisa terjadi lantaran pola komunikasi yang kurang baik. Oleh karena itu, mencoba memahami satu sama lain dengan jalinan komunikasi yang baik bisa menjadi solusinya.

2. Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah

Dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, baik anak maupun orang tua tentunya akan saling menurunkan ego dan menyadari bahwasanya ridho Allah bermula dari hubungan baik antara anak dan kedua orang tuanya.

Hal ini sebagaimana hadits riwayat Tirmidzi berikut ini:

“Ridha Allah SWT bergantung dari ridho kedua orang tua dan murka Allah SWT bergantung dari kemurkaan orang tua.” (HR. Tirmidzi, Hakim, Ibnu Hibban).

3. Menunjukkan Kasih Sayang

Cara memperbaiki hubungan anak dengan ibu atau ayah berikutnya bisa kita lakukan dengan menunjukkan kasih sayang. Rasa tulus kita dalam memberikan kasih sayang biasanya akan mampu meluluhkan kerasnya hati.

Terlebih, hubungan batin antara anak dan orang tua biasanya masih ada meskipun itu hanya kecil. Dengan kasih sayang yang tulus, perselisihan yang mungkin terjadi bisa perlahan diperbaiki.

Lantas, bagaimana dengan orang tua yang sudah meninggal? Cara memperbaiki hubungan anak dan orang tua yang sudah meninggal tetap bisa kita lakukan dengan berwakaf menggunakan nama orang tua.

Hal itu menjadi bentuk bakti kita sebagai anak dan berniat untuk memperbaiki semua kesalahan kita. Mari tunjukkan bakti kita kepada orang tua dengan bersedekah di sini sehingga menjadi amal jariyah untuk orang tua kita di akhirat.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun