Cara Menjaga Nama Baik Orang Tua di Mata Orang Lain

cara menjaga nama baik orang tua

Salah satu kewajiban anak adalah menjaga nama baik orang tuanya. Hal ini demi menjaga kehormatan mereka sehingga tidak menjadi preseden buruk bagi lingkungan. Cara menjaga nama baik orang tua sendiri bisa kita lakukan dengan banyak hal.

Segala apa yang kita lakukan di lingkungan masyarakat, sedikit banyak akan mencerminkan siapa orang tua kita. Karena itu, selalu berbuat baik di mana saja adalah cara terbaik menjaga kehormatan orang tua kita.

Cara Menjaga Nama Baik Orang Tua

Di dalam Islam, setiap muslim mendapatkan perintah untuk senantiasa menjaga harga diri (izzah) di mana pun berada, karena berkaitan dengan menjaga nama baik keluarga. Hal ini bisa terwujud dengan beberapa cara, di antaranya:

1. Selalu Menjaga Ucapan dan Perilaku

Menjaga lisan dan perilaku akan membuat kita dihormati oleh orang lain. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga lisan kita dari berkata yang tidak baik atau menyakiti perasaan orang lain.

Hal yang sama juga harus kita lakukan  pada perilaku kita di mana pun berada. Saat orang tua kita masih hidup, tentu nama baiknya bisa tercoreng jika kita melakukan kesalahan fatal di masyarakat.

2. Selalu Menjaga Silaturahmi dengan Kerabat

Ada kalanya orang tua kita sudah tidak lagi mampu bepergian secara aktif untuk terus menyambung silaturahmi. Jika tidak kita lanjutkan, maka hal tersebut bisa memutus tali silaturahmi antar kerabat.

Maka dari itu, demi menjaga nama baik keluarga dan orang tua, kita hendaknya melanjutkan silaturahmi yang sudah terjalin di antara para kerabat. Hal ini bisa dilakukan dengan sekedar mampir atau datang saat momen hari raya.

3. Tidak Menceritakan Aib Orang Tua

Setiap orang tentu memiliki aib pribadi yang harus selalu dijaga, tak terkecuali orang tua kita sendiri. Sebagai anak, tentu kita tidak ingin aib di dalam keluarga diketahui oleh orang lain.

Oleh karena itu, sebaiknya kita hanya menceritakan hal-hal yang baik dari orang tua, baik itu kepada tetangga, saudara, atau kerabat dekat orang tua kita.

Berbuat baik kepada orang tua bisa kita lakukan dengan berbagai cara, termasuk untuk orang tua yang sudah meninggal. Salah satunya adalah dengan membayar  waqaf atas nama orang tua kita.Mari tunjukkan bakti kita dengan bersedekah Alquran atas nama orang tua di sehingga bisa menjadi amal jariyah untuk ayah dan ibu kita.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun