3 Cara Menghormati Orang Tua yang Kita Sayangi

hadits durhaka kepada orang tua

Orang tua telah mengasihi kita dari kecil hingga dewasa. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita untuk senantiasa menghormati ayah dan ibu. Lantas, bagaimana cara menghormati orang tua yang benar? Simak penjelasannya berikut. 

Cara Menghormati Orang Tua yang Benar

Sebagai anak, kita mesti memuliakan orang tua. Bahkan, dalam agama Islam telah mengatur perihal kewajiban untuk berbakti kepada ayah ibu. 

Jadi, kita bisa melakukan beberapa tindakan berikut ini dalam rangka menghormati orang tua tersayang. 

1. Menghargai Pendapat Orang Tua

Terkadang, kita bisa berselisih pendapat dengan orang tua. Baik ayah maupun ibu memiliki sudut pandang yang berbeda dari kita. Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor, misalnya perbedaan zaman. 

Maka dari itu, kita perlu menghargai pendapat orang tua dan berusaha memahaminya. Jika memang berbeda keyakinan, kita bisa menyampaikannya dengan bahasa yang lembut tanpa menghakimi. 

2. Menunjukkan Sikap Sopan

Berikutnya, cara menghormati guru atau orang tua yang paling basic adalah menunjukkan sikap sopan. Sikap ini bisa kita perlihatkan dengan tidak menyela ayah atau ibu saat berbicara, mencium tangan ketika pamit pergi, dan lain sebagainya. 

Selain itu, jangan sekali-kali bersikap kasar kepada orang tua. Karena orang tua kita nanti bisa terluka dan kecewa. 

3. Mematuhi Perintah Orang Tua

Sudah sewajarnya bagi orang tua untuk mengarahkan anaknya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak jarang pula kita mendapat perintah dari orang tua untuk melakukan sesuatu. 

Selama orang tua memerintahkan sesuatu yang baik dan tidak melanggar peraturan, sebaiknya kita mematuhinya. Sebab, orang tua pasti memiliki pertimbangan terkait keputusan yang mereka buat. 

Sehingga, dengan mematuhi ucapan mereka, secara tidak langsung kita telah menunjukkan rasa hormat. 

Jadi, itulah cara menghormati orang tua sebagai bentuk rasa kasih sayang kita. 

Namun, cara menghormati orang tua yang sudah meninggal bisa kita lakukan dengan bersedekah atas nama orang tua di Digital BSI Maslahat. Yuk sedekah sekarang.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun