Contoh Taat Kepada Orang Tua, Sederhana tapi Bermakna!

cara berbakti kepada orang tua

Menaati orang tua merupakan sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Tetapi, mungkin beberapa dari kita kebingungan seperti apa contoh taat kepada orang tua. Sebenarnya, terdapat beberapa contoh sederhana yang bisa terapkan.

Kita memang sudah tahu bahwa orang tua sudah sangat berjasa dalam membesarkan kita dari bayi hingga dewasa. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menaati mereka sebagai bentuk balas budi dan mendapatkan ridha.

Contoh Taat Kepada Orang Tua

Menaati orang tua tidak perlu sampai merepotkan. Terdapat beberapa contoh sederhana yang bisa kita terapkan. Berikut adalah contoh perbuataan taat pada orang tua.

1. Komunikasi dengan Orang Tua secara Lembut

Contoh pertama adalah berkomunikasi dengan orang tua secara lembut tanpa menyakiti. 

Hal ini memang terdengar sepele, tetapi sangat penting agar kita menunjukkan ketaatan pada orang tua. Allah SWT sudah membahasnya dalam ayat Al Qur’an berikut ini:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Artinya:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (Q.S. Al Isra: 23).

2. Bersikap Tawadhu pada Orang Tua

Contoh perilaku taat kepada orang tua yang kedua adalah bersikap tawadhu. Tawadhu merupakan sikap rendah hati. Meski kita sudah jauh lebih sukses, pada akhirnya orang tua berada di derajat lebih tinggi. Ini jadi sangat penting untuk memuliakan keduanya.

Kita masih wajib untuk mematuhi perintah keduanya meski tergolong sangat ringan. Selama bukan sesuatu yang haram, ini menjadi kesempatan bagi kita untuk membahagiakan orang tua selagi masih ada.

3. Menyejahterakan Orang Tua

Satu lagi contoh taat dan patuh kepada orang tua yang penting adalah menyejahterakan orang tua. Baik saat mereka tidak memintanya, ini menjadi bentuk agar kedua orang tua menjadi bahagia. Kita bisa menyumbangkan sebagian dari penghasilan pada orang tua untuk membantu secara finansial. Atau lebih sederhananya lagi, ajak mereka untuk pergi ke tempat yang mereka ingin kunjungi.

Demikianlah penjelasan contoh taat kepada orang tua. Ingin beramal atas nama orang tua? Yuk sedekah melalui program Sedekah Quran untuk Orang Tua.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun