Pahala Membahagiakan Orang Tua dan Berbakti Kepadanya

keutamaan berbakti kepada orang tua

Salah satu perintah Allah yang wajib seorang muslim lakukan adalah birrul walidain atau berbakti kepada orang tua, akan ada pahala yang Allah berikan. Lalu, apa saja pahala membahagiakan orang tua?

Perlu diketahui, berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban bagi seorang anak. Hal ini menunjukkan kedudukan yang sangat penting dalam hal berbuat baik kepada orang tua karena ada pahala menyertainya.

Pahala Membahagiakan Orang Tua

Pahala yang Allah siapkan untuk anak yang membahagiakan orang tua itu sangatlah istimewa. Berikut adalah terdapat beberapa manfaat membahagiakan orang tua dan pahala bagi seorang anak, di antaranya:

1. Amalan Paling Allah Cintai

Membahagiakan dan berbakti kepada orang tua adalah amalan yang paling utama dan Allah cintai. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah tentang amalan yang Allah sukai, yaitu shalat, jihad, dan berbakti kepada orang tua.

2. Bentuk Taubat Kepada Allah

Membahagiakan dan mengurus orang tua yang sakit merupakan salah satu bentuk taubat kepada Allah. Allah akan memberikan ganjaran surga bagi anak berbakti dan merawat orang tua, terutama di waktu lanjut usia.

3. Membuka Pintu Rezeki

Rezeki bukan hanya berbentuk materi saja, tetapi bisa berupa kesehatan, kebutuhan hidup terpenuhi, dan umur panjang. Hal ini sebagai rezeki membahagiakan orang tua dengan tulus dan ikhlas karena Allah SWT.

4. Jalan Mudah Menuju Surga

Dengan membahagiakan orang tua, pahala yang anak dapatkan adalah jalan mudah menuju surga. Kebahagiaan tertinggi orang tua adalah mempersembahkan mahligai yang indah bersama anak-anaknya di surga nanti.

5. Dipanjangkan Umur 

Pahala berbakti dan membahagiakan orang tua yang tidak kalah penting adalah diperpanjang umur dan rezeki yang bertambah. Oleh karena itu, jika ingin umur panjang dan rezeki lancar, maka berbakti kepada orang tua.

Ada banyak cara membahagiakan orang tua, tidak perlu dengan materi saja atau menunggu kaya. Cukup dengan berbakti dan merawatnya dengan keikhlasan.

Itulah informasi tentang pahala membahagiakan orang tua yang perlu diketahui agar senantiasa selalu menjadi anak yang berbakti. Perlakukan mereka dengan baik dan patuhi apa yang mereka perintahkan.

Jika ingin mendapat pahala berlimpah, maka bisa bahagiakan orang tua dengan cara memberikan sedekah atas nama mereka. Yuk, sedekah sekarang melalui Digital BSI Maslahat.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun