Cara Meraih Ridha Orang Tua

ridha orang tua

Seorang orang memiliki kewajiban untuk berbakti kepada kedua orangtuanya. Kewajiban ini tidak hilang meskipun sang anak sudah berkeluarga. Sebab, semasa hidup kita harus mengejar ridha orang tua.

Berbakti kepada kedua orang tua (birrul walidain) termasuk kunci sukses dunia dan akhirat. 

Seorang anak wajib mematuhi perintah orang tua asalkan sesuai dengan ajaran Islam dan tidak melanggar syariat. Dengan begitu, orang tua akan ridha dengan apa yang kita lakukan.

Ridha Allah adalah Ridha Orang Tua

Pernah mendengar bahwa ridha Allah bergantung pada ridho orang tua? Hal ini sesuai hadits Rasulullah SAW, sebagai berikut:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: رِضَا الرَّبِّ فِي رِضَا الْوَالِدِ، وَسُخْطُ الرَّبِّ فِي سُخْطِ الْوَالِدِ

Artinya:

“Darii ‘Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radhiyallaahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ridha Allah bergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah bergantung kepada kemurkaan orang tua.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam Adabul Mufrad, Ibnu Hibban, at-Tirmidzi, dan al-Hakim).

Cara Meraih Ridha Orang Tua

Untuk mendapatkan ridho orangtua, kita harus berbakti kepadanya. Berikut beberapa cara berbakti kepada orang tua:

1. Berkomunikasi dengan Lemah Lembut

Berkomunikasi dengan kedua orangtua sebaiknya dilakukan dengan perkataan yang lemah lembut. Adab berbicara kepada kedua orang tua perlu dibedakan dengan cara berbicara kepada anak, teman, atau orang lain. 

2. Tawadhu’ (Rendah Hati)

Tidak boleh bersikap kibr (sombong) ketika telah meraih kesuksesan atau menduduki jabatan di dunia. Sebab, pada saat lahir, kita berada dalam keadaan rendah dan bergantung pada pertolongan orangtua yang memberi makan, minum, dan pakaian.

3. Memberikan Infaq (Shadaqah)

Memberikan shadaqah kepada kedua orang tua merupakan tindakan yang mulia. Pada hakikatnya semua harta yang kita miliki adalah milik orang tua. 

Oleh karena itu, memberikan harta kepada kedua orang tua sebaiknya dilakukan tanpa ragu, baik ketika diminta ataupun tidak.

4. Mendoakan Kedua Orang Tua

Doa merupakan wujud kasih sayang. Doa-doa yang diucapkan sebaiknya mencakup keberkahan dan kebaikan untuk keduanya.

Demikian beberapa cara untuk meraih ridha orang tua. Semoga kita senantiasa dapat berbuat baik kepada orang tua sebagai salah satu upaya menjalankan perintah-Nya.

Sebagai upaya berbakti kepada kedua orang tua, kita bisa menyedekahkan harta secara rutin. 

Contohnya melalui Goamal.org. Platform ini memberikan kemudahan dalam pembayaran infaq, zakat, wakaf, dan kurban. Kita bisa dengan mudah berdonasi atas nama sendiri maupun orangtua. Yuk, beramal maksimal di Digital BSI Maslahat!

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun