3 Contoh Durhaka Kepada Orang Tua, Wajib Dihindari

contoh durhaka kepada orang tua

Menyimak contoh durhaka kepada orang tua dapat membantu kita mengenali dengan lebih baik mengenai perilaku yang mendatangkan dosa ini.

Ajaran Islam menempatkan orang tua dalam posisi mulia. Setiap anak wajib menghormati dan berbakti kepada orang tuanya. Sebaliknya, berbuat buruk dan durhaka wajib kita hindari.

Durhaka kepada orang tua atau uququl walidain termasuk dalam dosa besar. Bahkan, perilaku durhaka dapat membuat kita terkena azab dari Allah SWT.

Contoh Durhaka Kepada Orang Tua

Durhaka kepada orang tua ada banyak bentuknya. Mulai dari tidak menaati mereka, tidak berbuat baik kepada orang tua, hingga memutuskan hubungan. Berikut beberapa contoh anak durhaka kepada orang tua:

1. Membuat Orang Tua Menangis

Membuat orang tua merasa bersedih, apalagi hingga menangis akibat perkataan maupun perbuatan merupakan bentuk perilaku durhaka.

Sebagaimana pandangan Abdullah bin Umar:

بكاء الوالدين من العقوق

Artinya: 

“Membuat tangisnya kedua orangtua adalah termasuk durhaka kepadanya.” (HR Bukhari).

Tangisan orang tua akibat perasaan sakit hati terhadap perkataan dan perbuatan anak berbeda dengan tangisan haru ketika merasa bangga.

2. Mendoakan Keburukan dan Mengeluarkan Kalimat Hinaan Kepada Orang Tua

Dalam kondisi seperti apa pun, anak senantiasa wajib menghormati kedua orang tuanya. Maka, seorang anak tidak boleh menjelek-jelekkan atau menghina kedua orang tuanya.

Mengeluarkan hinaan kepada orang tua, baik secara langsung maupun tidak, termasuk dalam dosa besar. Kita juga tidak boleh mendoakan hal buruk bagi mereka.

Hal ini tertuang dalam sabda Rasulullah SAW:

 ولعَن اللهُ مَنْ لعَن والديهِ

Artinya: 

“Allah melaknat orang yang melaknat kedua orangtuanya.”

3. Melakukan Hal Buruk yang Membuat Orang Tua Marah

Perintah menghormati orang tua tercantum dalam banyak ayat Al-Qur’an dan hadits. Salah satunya yaitu ayat berikut:

وَاعْبُدُوا اللهَ وَلاَتُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Artinya: 

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukannya dengan sesuatupun, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak.” (QS An-Nisaa/4 : 36)

Anak wajib untuk senantiasa berbuat baik kepada kedua orang tuanya dan menaati mereka. Maka, perbuatan yang membuat mereka marah termasuk durhaka.

Contoh perlaku durhaka kepada orang tua adalah melakukan berbagai perbuatan yang dilarang, seperti berjudi, minum minuman keras, dan berbuat maksiat.

Mari Sedekah

Sedekah bisa menjadi bentuk bakti kita kepada orang tua. Caranya yaitu dengan bersedekah atas nama orang tua kita. Sedekah di Digital BSI Maslahat.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun