Cara Berbuat Baik Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

cara berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal

Berbakti kepada orang tua sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim. Tapi, cara berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal? Saat situasi ini sudah terjadi, bukan berarti kita berhenti berbakti pada orang tua.

Lantas, banyak dari kita yang kebingungan dalam menerapkan perbuatan baik pada orang tua yang sudah meninggal. Bagaimana caranya agar berbuat baik pada orang tua yang sudah meninggal?

Contoh Cara Berbuat Baik Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Memang sudah menjadi umum bahwa kita, sebagai anak, wajib berbuat baik pada orang tua. Sebaliknya, perbuatan durhaka pada kedua orang tua sudah pasti termasuk perbuatan keji yang mengundang murka Allah SWT.

Tapi, bagaimana kalau kedua orang tua kita sudah meninggal? Tenang. Kita masih bisa tetap berbakti pada mereka dalam cara yang berbeda. Berikut adalah beberapa contoh cara berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal menurut Islam:

1. Mendoakan Orang Tua

Pertama, contoh yang paling sederhana adalah mendoakan orang tua yang sudah meninggal dunia. Pasalnya, orang tua akan lebih tenang dan tenang jika mereka dapat doa dari sang anak.

Doa dari anak shaleh pun termasuk tiga amalan bagi orang tua yang takkan terputus. Hal ini terlihat dari penjelasan hadits berikut ini:

إذَا مَاتَ الإنسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ (صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ اَو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ, اَووَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُولَهُ

Artinya:

“Jika seorang manusia meninggal, terputuslah semua amalnya kecuali tiga, shadaqah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim).

2. Melakukan Sedekah Atas Nama Orang Tua

Mengikuti penjelasan dari ayat tersebut, kita boleh melakukan sedekah atas nama orang tua. Hal itu tergolong berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal.

Kita bisa menyumbangkan sebagian dari rezeki kita sebagai bentuk sedekah atas nama orang tua. Dengan begitu, pahala dari sedekah akan sampai pada orang tua yang sudah tiada.

3. Menyebarkan Ilmu yang Bermanfaat

Kemudian, satu lagi contoh perbuatan baik pada orang tua yang sudah meninggal berdasarkan hadits tersebut adalah menyebarkan ilmu. Tentunya, kita bisa mewariskan setiap ajaran dari orang tua pada buah hati saat memberi pelajaran.

Jenis ilmu bisa saja berupa kemampuan membaca Al-Qur’an, matematika, bahasa Inggris, dan sains. Saat menyebarkan ilmu, kita tidak hanya mendapat ilmu tambahan, tetapi juga pahala.

Menerapkan cara berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal sebenarnya sangat sederhana. Asalkan ada kemauan, InsyaAllah kita bisa melanjutkan perbuatan baik pada orang tua yang sudah tiada di dunia ini.

Ingin melakukan sedekah atas nama orang tua? Andalkan Digital BSI Maslahat sebagai platform yang memudahkan beramal secara maksimal!

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun