ImageTanggap Bencana
Image

Tanggap Bencana

Rp 8.006.139 terkumpul dari Rp 200.000.000
120 Donasi ∞ hari lagi

Penggalang Dana

Image

BSI Maslahat adalah transformasi nama baru dari Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat yang merupakan yayasan yang memiliki tugas untuk mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf) serta dana sosial lainnya dengan sasaran muzakki (donatur) perorangan maupun perusahaan. Salah satu misi kami adalah mengembangkan program berkelanjutan dan memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat luas. Demi melaksakan misi lembaga, kami berusaha hadir di setiap kawasan bencana untuk membantu masyarakat terdampak bencana.

Bencana alam kerap mengunjungi negeri kita. Banjir, tanah longsor, letusan gunung berapi dan kebakaran yang terjadi membuat banyak masyarakat mengungsi dan kehilangan tempat tinggal. Masyarakat yang terdampak bencana juga sangat membutuhkan bantuan perawatan medis dan kesehatan selain bantuan bahan pangan. Korban-korban yang meninggal juga membutuhkan layanan pemulasaraan jenazah.

Infaq Tanggap Bencana ini diperuntukan untuk siaga bencana yang dimana akan digunakan untuk pengadaan bantuan medis, pangan, maupun evakuasi yang menjadi kebutuhan primer para penyintas bencana. Sebelumnya kami telah menyalurkan bantuan kepada penyintas bencana banjir di Serang Banten dan gempa di Pasaman. Kami memberikan bantuan berupa makanan siap saji, rendang, selimut, dan bantuan evakuasi.

width=526

Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Serang Banten

width=521

Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Gempa di Pasaman

Saat ini, kami sedang memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya.

width=567

Rumah terdampak gempa Cianjur

Gempa dangkal di kedalaman 10 km dan berpusat di darat tersebut merusak pemukiman warga, sekolah, fasilitas ekonomi, dan fasilitas umum. Dilaporkan juga terdapat korban jiwa dan korban cedera akibat tertimpa reruntuhan. Saat ini pihak terkait masih mengupayakan pencarian dan pertolongan korban tertimbun reruntuhan. Selain itu, masyarakat penyintas yang selamat mengungsi ke tempat aman yang tersebar di berbagai tempat.

width=577

Bantuan Logistik dari Tim BSI Maslahat untuk Masyarakat terdampak Gempa Cianjur

Tim BSI Maslahat Care & Humanity kini tengah terjun ke lokasi bencana gempa untuk melakukan kaji cepat kebutuhan penyintas. Tim juga menyalurkan bantuan kebutuhan darurat di lokasi . Saat ini, penyintas membutuhkan kebutuhan dasar, di antaranya hunian sementara, air bersih, makanan, selimut, pakaian bersih, alat sanitasi, MCK, dll.

Tidak hanya membantu masyarakat terdampak gempa cianjur namun kami juga bersiaga untuk tanggap berbagai bencana lainnya di Indonesia. Terlebih lagi di akhir tahun 2022, sudah begitu banyak bencana yang terjadi di Indonesia. Seperti yang terjadi baru-baru ini, Erupsi Gunung Semeru. Terjadinya Erupsi Gunung Semeru membuat 1979 warga terpaksa mengungsi. Gunung Semeru diperkirakan memuntahkan material vulkanik sebanyak 13 meter kubik. Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat aktivitas Gunung Api Semeru masih masuk pada level tertinggi yakni level IV atau Awas. Akibatnya masih sering terjadi gempa di daerah tersebut.

width=514

Gambar amatir erupsi Gunung Semeru dari warga sekitar

Lokasi Indonesia yang dikelilingi oleh “ring of fire” memiliki potensi begitu banyak bencana alam seperti erupsi gunung berapi, gempa bumi, tsunami, dll. Hal inilah yang membuatkan kami terus siaga membantu dalam segala keadaan untuk masyarakat terdampak bencana.

Yuk bantu saudara-saudara kita yang terkena bencana melalui program Infaq Tanggap Bencana dari BSI Maslahat, dengan cara berdonasi di halaman galang dana ini. Tidak hanya berdonasi, Sahabat juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu masayarakat terdampak bencana sesuai dengan Hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani : “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak akan pernah bisa mendahului sedekah”.

  • June, 13 2024

    Campaign is published

Hamba Allah22 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 10.057
Hamba Allah22 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 10.082
Kamil3 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 10.000
Hamba Allah6 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 25.000
Hamba Allah7 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 50.000

Fundraiser

Belum ada Fundraiser

Mari jadi Fundraiser dan berikan manfaat bagi program ini.

Doa-doa orang baik

Menanti doa-doa orang baik

Bagikan melalui:
✕ Close