Manfaat Berbakti Kepada Orang Tua dan Pahalanya

Manfaat berbakti kepada orang tua

Lahirnya anak ke dunia adalah berkat pengorbanan besar dari orang tuanya. Karena itu, Islam mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada kedua orang tuanya, terutama ibu. Di samping itu, manfaat berbakti kepada orang tua juga sangat besar.

Selain memberikan pahala yang besar, berbakti kepada kedua orang tua juga merupakan jalan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. 

Manfaat Berbakti kepada Orang Tua

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan berbakti kepada kedua orang tua, di antaranya:

1. Memperpanjang Umur dan Menambah Rezeki

Manfaat berbakti kepada ayah dan ibu kita yang pertama adalah dipanjangkan umur dan ditambahkan rezeki oleh Allah. 

Hadits berbakti kepada orang tua terkait hal ini pernah diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah pernah bersabda:

“Siapa yang berbakti kepada orang tuanya, dia akan mendapat keberuntungan dan Allah SWT akan menambah panjang umurnya.” (HR Bukhari, Abu Yala, Thabrani, dan Hakim).

2. Mendapatkan Ridha dari Allah SWT

Selanjutnya, berbakti kepada kedua orang tua kita juga bisa mendatangkan ridha dari Allah SWT sehingga apa yang menjadi hajat kita bisa terkabul. 

Hal ini diriwayatkan dalam hadits Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, Ibnu HIbban, Hakim, dan Imam Tirmidzi dari sahabat Abdullah bin Amr bin Ash Radhiyallahu ‘anhuma, dikatakan bahwasanya Rasulullah pernah bersabda:

“Ridha Allah tergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua.” 

3. Menghapuskan Dosa

Berikutnya, berbakti kepada orang tua juga bisa mendatangkan ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang kita lakukan. Setiap manusia tentu saja memiliki dosa, dan dari dosa tersebut tentu kita berharap akan mendapat ampunan.

4. Kunci untuk Masuk Surga

Terakhir, manfaat berbakti kepada orang tua adalah mendapatkan balasan berupa surga dari Allah. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Tirmidzi:

“Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Tirmidzi).

Itulah empat manfaat berbakti ke orang tua yang tentunya bisa membawa kebaikan untuk kita, baik di dunia maupun di akhirat. Lantas, bagaimana cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal?Jika orang tua kita sudah meninggal, salah satu bentuk bakti yang bisa kita lakukan adalah dengan membayar wakaf atas nama orang tua kita. Tunjukkan bakti Anda kepada orang tua dengan bersedekah melalui Digital BSI Maslahat.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun