3 Amalan untuk Orang yang Sudah Meninggal

3 Amalan untuk Orang yang Sudah Meninggal

Apa yang seharusnya kita lakukan untuk membahagiakan orang yang sudah meninggal? Misalnya saja orang tua, bagaimana lagi cara untuk berbakti kepada mereka? Yuk, ketahui amalan untuk orang yang sudah meninggal!

Untuk orang yang sudah meninggal, sebaiknya kita rutin berziarah ke kuburannya. Hal ini tentu akan sangat membahagiakan. Selain itu, terdapat amalan lain seperti berdoa dan bersedekah untuk mereka yang sudah meninggal.

Amalan untuk Orang yang Sudah Meninggal

Terdapat tiga amalan yang tidak terputus ketika orang sudah meninggal. Pertama yakni sedekah jariyah, kedua adalah ilmu yang bermanfaat, dan ketiga doa anak sholeh. 

Dengan ketiga amalan tersebut kita bisa mengimplementasikannya untuk orang tua yang sudah meninggal. 

Berikut sejumlah amalan yang bisa kita lakukan untuk orang yang sudah meninggal:

1. Berziarah ke Makamnya

Kita dapat rutin berziarah ke makam orang yang sudah meninggal. Pada saat berziarah, kita dapat membacakan tahlil, surat Yasin, dan mendoakan keberkahan bagi orang yang telah berpulang. 

Orang yang berada dalam peristirahatan terakhir akan merasakan kebahagiaan ketika ada seseorang yang mengunjungi makamnya dan mendoakannya. Terlebih lagi, jika yang datang adalah orang-orang yang dicintainya seperti keluarga.

2. Menyambung Tali Silaturahmi dengan Keluarganya

Menjalin hubungan baik dengan orang terdekat dari yang telah berpulang juga merupakan amalan yang mulia. 

Sebagaimana Rasulullah menunjukkan penghormatan tinggi terhadap teman-teman dari Saidatina Khadijah (istrinya yang telah meninggal dunia). 

Itulah sebabnya hal ini termasuk amalan untuk orang tua yang sudah meninggal. Kita bisa terus menjaga hubungan baik dengan keluarga orang tua serta sanak saudara.

3. Sedekah untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Bersedekah merupakan amalan jariyah yang tidak terputus meskipun seseorang telah meninggal. 

Dalam hadits, terdapat riwayat yang menceritakan seseorang mendatangi Nabi untuk meminta amalan yang dapat memberikan pahala bagi orang yang telah meninggal dunia. 

Sebagai jawabannya, Nabi Muhammad menyarankan agar orang tersebut memberikan sedekah untuk mereka yang telah meninggal. 

Contohnya, melalui pemberian sedekah kepada anak yatim, proyek pembangunan masjid, pembangunan pesantren, atau lainnya.

Perilaku ini termasuk sedekah jariyah yang berpotensi memberikan pahala tanpa putus kepada orang yang telah berpulang. Sekarang, kita lebih mudah melakukannya melalui Digital BSI Maslahat.

Digital BSI Maslahat merupakan platform yang mempermudah kita untuk bersedekah, berwakaf, berinfak, dan berkurban. 

Dengan bersedekah melalui Digital BSI Maslahat, kita telah melakukan kebaikan, terutama jika memang niatnya sebagai amalan untuk orang yang sudah meninggal. Yuk bersedekah jariyah agar pahala orang tua atau orang terkasih kita yang sudah meninggal tidak terputus. Beramal maksimal di Digital BSI Maslahat!

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun