Cara Memberikan Hadiah untuk Ibu yang Sudah Meninggal

hadiah untuk ibu yang sudah meninggal

Penyesalan terbesar seorang anak adalah tidak bisa memberikan hal yang paling baik kepada orang tuanya sebelum meninggal. Utamanya seorang ibu. Oleh karena itu, cara memberikan hadiah untuk ibu yang sudah meninggal menjadi incaran.

Sebab, rasa penyesalan yang besar sehingga cara untuk menebusnya hanya dengan memberikan sesuatu meskipun telah meninggal dunia. Namun, Apa yang bisa dilakukan untuk orang tua yang sudah meninggal sebagai hadiah?

Cara Memberikan Hadiah untuk Ibu yang Sudah Meninggal

Sebagai bentuk pengabdian terakhir kita sebagai seorang anak, sudah selayaknya memberikan hadiah terbaik kepada kedua orang tua. Bagaimana cara memberikannya? Berikut pembahasan hadiah yang bisa kita contoh.

1. Doa

Ketika ibu sudah meninggal dunia, maka doa merupakan hadiah paling penting yang beliau butuhkan. Bahkan, dalam salah satu hadits saja pernah disampaikan bahwasanya doa anak sholeh-sholeha merupakan satu jariyah yang tidak terputus.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh,” (HR. Muslim).

2. Menyambung Tali Silaturahmi Orang Tua

Hadiah lain yang bisa kita berikan kepada orang tua yaitu dengan menyambung ikatan silaturahmi semasa hidup. Dengan menjaga tali silaturahmi ini, maka kita sudah memelihara hubungan baik dengan kerabat beliau semasa hidup.

3. Menunaikan Nazar

Tidak jarang orang tua memiliki nazar sebelum meninggal. Kita sebagai anak bisa menunaikan nazar tersebut sebagai salah satu cara untuk memberikan hadiah untuk ibu yang sudah meninggal.

4. Sedekah

Bersedekah atas nama orang tua yang sudah meninggal dunia diperbolehkan. Oleh karena itu, kita bisa melakukannya sebagai salah satu cara mengirim hadiah untuk orang yang sudah meninggal.

Sedekah yang bisa kita persembahkan sebagai hadiah bisa dengan Sedekah Quran untuk Orang Tua. Hal ini merupakan contoh hadiah terbaik untuk orang tua yang sudah meninggal. Sedekah dapat diberikan melalui Digital BSI Maslahat dan kita jadikan sedekah quran tersebut sebagai hadiah untuk ibu yang sudah meninggal.

Bagikan :
Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun